Cara mereview jurnal

Hai teman-teman , kali ini aku akan share tentang Cara mereview Jurnal . Review merupakan hal yang mudah untuk benda yang mempunyai fisik secara langsung dan lebih baik lagi untuk menuliskan hasilnya tanpa ada opini di dalamnya agar tidak menyesatkan orang yang membaca review kalian. berikut ini langkah untuk mereview tersebut :
1.      Melakukan review pada jumlah halaman
Langkah yang pertama untuk melakukan review jurnal adalah dengan Melakukan review pada jumlah halaman dimana kalian harus menerangkan tetang jumlah halaman pada jurnal yang kalian review tersebut. Terangkang sebanyak mungkin termasuk jenis kertas pada jurnal tersebut agar bisa di nilai bahwa kamu teliti di lihat dosen.
2.       Membaca hal – hal penting pada jurnal tersebut
Cari bahan yang bisa kamu paparkan pada review dengan singkat dan padat atau bisa di bilang dengan membaca hal – hal penting pada jurnal dengan begitu kamu dapat menghemat waktu ketimbang kamu membaca keseluruhan jurnal dengan memakan waktu lama. Dan catat juga point – point penting tersebut agar tidak lupa saat melakukan penulisan review nantinya. Itulah langkah yang kedua untuk melakukan review pada jurnal.
3.      Penulisan review bagian
Membuat pembuka Kalian bisa menulikan tentang pembuka seperti biasa ucapan puji syukur, terima kasih pada pihak yang telah membantu dan juga bisa menuliskan beberapa hambatan tetapi kalian bisa melewatinya dengan bantuan pihak – pihar yang membantu. Contohnya pembukannya seperti ini : Puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan YME yang telah memberikan kami waktu dan tempat untuk menyelesaikan rewiew kami mengenai Jurnal ini. Juga kami ucapkan terima kasih pada pihak – pihak yang telah membantu kami (sebutkan orang yang telah membantu review jurnal kalian) (kalian bisa mengurangi penggunaan kata atau mengembangkannya sesuai dengan kemampuan kalian)
4.      Buat daftar isi
Buat daftar isi pada review jurnal kalian tersebut dengan begitu akan memudahkan pembaca.
5.      Penulisan review bagian
Membuat Judul Isi dengan judul yang ada pada Jurnal kalian tersebut jangan di buat opini karena judul tidaklah hal yang dapat di ubah karena akan menyesatkan jika judul berbeda. Itulah Langkah yang keempat untuk melakukan review jurnal.
6.      Penulisan review bagian
Membuat keterangan jurnal Langkah yang kelima untuk melakukan review jurnal adalah dengan Membuat keterangan jurnal Tuliskan keterangan jurnal dengan Gaya Penulisan, Nama Penulis, Alamat Email, Penerbit dan tahun terbit Jurnal. Sesuai dengan yang ada pada jurnal yang kalian baca tadi terangkan secara rinci jangan ada yang di singkan untuk segala penggunaan kata – katanya. Agar memperlihakan ketelitian kalian terhadap review jurnal tersebut dengan begitu dosen akan menilai bagus kalian.
7.      Memperkenalkan tentang si Jurnal atau Introduction Jurnal
Perkenalkan si Junal dengan menuliskan ini banyak di baca atau betapa terkenalnya jurnal ini dengan begitu kalian akan mendapat nilai plus. Kenal kan juga si penulis bacakan tentang prestasi si penulis jurnal jkia ada tulis juga tentang Tempat pembuat jurnal tersebut dengan kalimat yang menampilkan betapa baguskan Jurnal tersebut untuk kalian lakukan review.
8.      Metodelogi yang digunakan pada jurnal
Tuliskan secara rinci mengenai Metodelogi yang digunakan pada jurnal.
9.      Sumber Jurnal
Tuliskan mengenai sumber jurnal itu kalian dapat dari mana dan bagaimana cara kalian untuk mendapatkan jurnal tersebut.
10.  Isi dari review kamu
Nah disini kalian bisa menulis secara singkat dan padat apa saja yang ada pada jurnal tersebut seperti informasi dan juga tata cara yang di dapat dari jurnal setelah kalian membaca jurnal tersebut pada langkah yang kedua. Karena itu saya menuliskan pada point kedua untuk “Membaca hal – hal penting pada jurnal tersebut ” agar cepat dalam pengerjaan isi dari review kamu mengenai jurnal tersebut.
11.  Kesimpulan
Tulisakan apa saja yang kamu dapat dari jurnal tersebut, ambil sebanyak mungkin hal yang posifitnya dan paparkan sedikit tentang kekurangan jurnal tersebut agar tidak menjatuhkan si penulis jurnalnya. Dengan begitu kamu akan di nilai bagus oleh si Dosen.
12.  Penulisan review bagian
Membuat Penutup Buatlah penutup yang bagus dengan kata – kata yang dapat menyentuh hati si pendengar atau si pembaca review kamu tersebut.

Semoga bermanfaat yaaa
J

Comments