Cara merawat jangka sorong

     Hai teman-teman kali ini saya akan membagikan postingan mengenai perawatan jangka sorong, bukan tubuh aja loh ya yang butuh perawatan. Eits sebelumnya kita harus tau dulu apa itu jangka sorong?  Kegunaan jangka sorong?  Nih admin bakal kasih tau ,Jangka sorong adalah alat yang digunakan untuk mengukur suatu benda yang memiliki tingkat ketelitian satu per-seratus milimeter, dengan memakai alat ukur ini Anda bisa tahu ukuran suatu benda secara pasti. Jangka sorong ini mempunyai dua buah bagian pengukur, bagian pertama adalah bagian cembung yang berfungsi untuk mengukur panjang suatu benda, dan bagian yang kedua adalah bagian cekung mengarah ke dalam yang memiliki fungsi untuk mengukur diameter bagian dalam suatu benda. Bagian ini umumnya disebut sebagai bagian rahang dari jangka sorong. Untuk kegunaannya jangka sorong  :

1. Sebagai alat pengukur diameter bagian luar dari sebuah benda
2. Sebagai alat pengukur diameter bagian dalam dari sebuah benda
3. Sebagai alat pengukur kedalaman sebuah benda
4. Sebagai alat pengukur ketebalan sebuah benda

    Nah udah pada tau kan apa itu jangka sorong dan kegunaannya,  tujuan dari postingan ini admin berharap kalian jangan hanya bisa menggunakan nya saja tapi harus bisa merawatnya juga.  Langsung aja nih admin kasih tau caranya,  cekidooot..... 
Cara perawatan jangka sorong :
  1. Sebelum dan sesudah pemakaian, alat ukur harus selalu dibersihkan. Bila selesai pemakaian beri sedikit vaselin dan disimpan lagi ke tempat semula.
  2. Mur/baut pengunci hendaknya dijaga jangan sampai lepas atau hilang.
  3.  Pakailah kain panas/strimin sebagai tempat alat ukur.
  4. Setelah pemakaian masukkan jangka sorong dalam kotak jangka sorong dan simpan di tempat yang telah disediakan.
  Nah seperti itu cara perawatan jangka sorong, semoga postingan ini bermanfaat untuk teman-teman semua. 

Comments